TAUTAN UMM

Profil Kampus



Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) merupakan salah satu amal usaha milik Persyarikatan Muhammadiyah yang cukup strategis.
Keberadaannya tidak bisa dilepaskan dari misi besar persyarikatan sebagai gerakan tajdid yang melakukan pembaharuan diberbagai bidang antara lain ekonomi, sosial, dan keagamaan. Muhammadiyah  adalah gerakan tajdid modernis pertama di Indonesia yang melakukan kegiatan nyata dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Maka, pengembangan universitas ke depan harus memperhatikan dan memadukan secara terintegratif antara misi pendidikan dengan misi persyarikatan secara konsisten. Arah pengembangan tersebut setidaknya berdasarkan pada 3 (tiga) hal, yaitu pertama  eksistensi UMM tidak dapat dilepaskan dari  amal usaha Persyarikatan Muhammadiyah.  Kedua UMM adalah institusi penyelenggara pendidikan tinggi yang mempunyai tanggung jawab melahirkan (meluluskan), baik D-III, S1 dan S2 yang mempunyai kemampuan menguasai dan mengembangkan ilmu dan kompetensi sesuai bidangnya secara etis dan Islami (berbasis pada nilai-nilai Islam) berdasarkan pada standar kurikulum dan harapan masyarakat sebagai  pengguna jasa lulusan pendidikan tinggi.  Ketiga  pengembangan pendidikan UMM harus dilakukan secara terintegratif antara misi Persyarikatan Muhammadiyah dan misi pendidikan tinggi sebagai penyedia jasa bagi masyarakat pengguna.
UMM ingin menjadikan kampus bukan sekedar sebagai tempat transformasi ilmu dari pihak dosen kepada mahasiswa yang berlangsung secara formal dan mekanis sifatnya, begitu pula tidak sekedar menyelenggarakan ujian-ujian untuk memperoleh sertifikat dan tanda lulus, lebih dari itu ingin menjadikan dirinya sebagai ”rumah ilmu”. Yakni sebagai rumah ilmu penghuninya yang selalu memiliki ciri khas mengedepankan keberanian yang bertanggung jawab, kebebasan yang didasari kekuatan nalar yang kokoh serta keterbukaan dalam menerima segala informasi keilmuan yang diperlukan dengan dilandasi keimanan dan ketakwaan yang mantap.
UMM terus melakukan pengembangan dan pembaharuan (develop and reform) memasuki usianya yang ke-42 saat ini. Terobosan strategi dan perbaikan berkelanjutan senantiasa dilakukan untuk mewujudkan misi universitas sebagai the real university yang memadukan antara kompetensi dan aplikasi keilmuan dan teknologi yang berbasis pada nilai-nilai dan etika islam sebagai landasan bagi perubahan sosial sebagaimana visi, misi, dan tujuan yang telah ditetapkan.  Adapun visi, misi dan tujuan universitas adalah sebagai berikut : 
VISI   :    Menjadikan universitas terkemuka dalam pengembangan ilmu pengetahuan berdasarkan nilai-nilai Islam 
MISI  :
           a.       Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu.
        b.      Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat              kesejahteraan manusia.
           c.       Menyelenggarakan pengelolaan universitas yang amanah
         d.      Menyelenggarakan pembinaan civitas akademika dalam kehidupan yang Islami  sehingga mampu beruswah hasanah.
          e.       Menyelenggarakan kerja sama dengan pihak lain yang saling menguntungkan. 

TUJUAN :
  a.       Menghasilkan lulusan yang beriman, bertaqwa, menguasai IPTEKS, professional, kreatif, inovatif, bertanggung jawab, dan mandiri menuju terwujudnya masyarakat utama.
  b.      1). Meningkatkan kegiatan penelitian sebagai landasan penyelenggaraan  pendidikan dan mengembangkan IPTEKS.
             2).  Menghasilkan, mengamalkan, mengembangkan, dan menyebar luaskan IPTEKS dalam skala regional, nasional dan internasional.
   c.       Mewujudkan pengelolaan yang terencana, terorganisir, produktif, efektif, efisien dan                 terpercaya  untuk menjamin keberlanjutan universitas.
   d.      Mewujudkan civitas akademika yang mampu menjadi teladan dan kehidupan  masyarakat.
   e.       Menjalin kerjasama dengan pihak lain dalam lingkup regional, nasional dan internasional untuk pengembangan pendidikan dan penelitian
Visi, misi dan tujuan sebagaimana tersebut di atas dirumuskan karena diilhami oleh cita-cita luhur Universitas Muhammadiyah Malang untuk menjadi Perguruan Tinggi Terkemuka, baik ditingkat nasional maupun regional, yang mampu menghasilkan lulusan yang bermutu yang siap untuk  bersaing dipasar global.  Untuk mencapai cita-cita dimaksud maka strategi yang ditempuh adalah;
a.       Mendorong dan memfasilitasi semua Jurusan dan lembaga-lembaga yang ada di UMM untuk selalu melakukan inovasi-inovasi pengembangan IPTEKS yang spesifik sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing berdasarkan nilai-nilai Islam.  Disamping itu semua Jurusan dan Lembaga yang ada juga didorong untuk menggalang kerjasama dengan berbagai pihak terkait, baik dengan pihak pemerintah maupun swasta.
b.      Secara berkelanjutan melakukan evaluasi dan monitoring terhadap proses dan ouput penyelenggaraan kegiatan yang menjadi keunggulan spesifik Universitas Muhammadiyah Malang, yaitu penguasaan teknologi informatika melalui training aplikasi internet, penguasaan bahasa inggris melalui kegiatan English Special Purpose (ESP) dan perkuliahan Al Islam dan Kemuhammadiyahaan (AIK).  Ketiga jenis kegiatan tersebtu bersifat wajib bagi semua mahasiswa UMM.
  
  Rencana Pengembangan Jangka Panjang Perguruan Tinggi
Dunia pendidikan saat ini mengalami situasi lingkungan persaingan yang semakin kompetitif. Kompetisi antar Pendidikan Tinggi, baik PTN, PTS maupun PTA, berlangsung sangat ketat, tajam, dan hampir tanpa batas.  Perguruan Tinggi yang tidak mempunyai keunggulan kompetitif, tidak akan mampu bersaing secara fair dan terbuka. Akibatnya bisa dipastikan mereka akan tumbang oleh seleksi alam.
Universitas Muhammadiyah Malang menyadari kondisi tersebut dan melakukan beberapa langkah strategis yang dipsersiapkan secara mantap melalui pembuatan Rencana Strategi (Renstra). Renstra berisi adalah kumpulan berbagai kebijakan strategis yang berisi visi, misi, tujuan, dan strategi jangka  pendek, menengah, dan jangka panjang untuk menghadapi tantangan masa depan.  Renstra menjadi dasar pijakan dalam penyusunan rencana-rencana strategi pada lembaga di tingkat Fakultas, lembaga-lembaga di tingkat lebih bawah ataupun lembaga-lembaga di tingkat persyarikatan.
Tujuan pembuatan rencana strategi ini adalah untuk mengindentifikasi, meng-ukur, dan mensinergiskan berbagai kekuatan yang dimiliki lembaga, sehingga mampu mengoptimalkan dan meraih  peluang keunggulan dalam persaingan global.  Rencana strategi bertujuan untuk:
a.       Menjadi dasar dan arah dari pengembangan universitas dengan lembaga-lembaga di bawahnya,
b.      Menjadi cermin evaluasi untuk mengukur posisi dan eksistensi Universitas Muhammadiyah Malang saat ini dan masa mendatang,
c.       Menjadi dasar evaluasi kendala-kendala yang dihadapi untuk pembuatan atau penyempurnaan rencana strategi selanjutnya,
d.      Menjadi tolak ukur pengukuran kinerja seluruh lembaga pada periode-periode tertentu, sehingga dapat dilakukan perbaikan secara berkelanjutan.
Renstra juga merupakan skenario yang cukup realistik yang disusun oleh lembaga berdasarkan pada pengalaman, kondisi saat ini serta analisis situasi terhadap komponen-komponen penentu (sumber daya) yang diproyeksikan akan dimanfaatkan dalam jangka waktu 10 tahun mendatang, sehingga dapat diimplementasikan untuk menyusun langkah pengembangan menuju The Real University  yang berbasis pada keunggulan dan keterdepanan
Rencana Strategi Universitas Muhammadiyah Malang 2000 – 2010, termuat rumusan pengembangan universitas melalui 11 strategi pengembangan, yaitu:
a.       Menjadikan kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sebagai pusat aktifitas akademik di tingkat regional dan nasional.
b.      Meningkatkan mutu akademik baik proses maupun lulusannya.
c.       Mencetak lulusan yang berjiwa enterpreneurship dan bermoral etis Islami yang tinggi.
d.      Menuju Real University.
e.       Pengembangan fakultas dan sarana fisik, terutama pada Fakultas-fakultas eksakta, seperti Fakultas Kedokteran, Teknik, Pertanian dan Peternakan-Perikanan.
f.       Meningkatkan misi dan strategi pendidikan dan pengajaran yang sesuai situasi dunia yang penuh perubahan.
g.      Intensifikasi eksplorasi dan optimalisasi sumberdaya kampus sebagai pemegang informasi yang andal dan reliabel.
h.      Dalam rangka peningkatan karakter ekonomi dan budaya internasional, perlu ekspansi untuk mendirikan kelas internasional.
i.        Meningkatkan kembali komitmen untuk membina kemitraan dengan masyarakat, sehingga UMM dapat berfungsi sebagai jembatan masyarakat ilmiah dengan masyarakat kontemporer.
j.        Memantapkan pendanaan universitas.
k.      Menjadikan UMM sebagai pusat pengkajian, pengamalan, dan dakwah Islam.
l.        Melakukan sentralisasi administrasi dan desentrealisasi akademik yang dilakukan secara bertahap (di mulai tahun 2000).
Penyusunan Renstra UMM dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu pertama tahap pembentukan tim, yaitu Pimpinan Universitas membentuk task force yang bertugas untuk menyusun draft renstra. Tahap kedua, tim task force melakukan pengkajian dan analisis terhadap kondisi lembaga dan setelah itu melakukan penyusunan draft renstra. Tahap ketiga, pengesahan, yaitu draft renstra tersebut selanjutnya dibawa dan dibahas ke forum rapat senat universitas untuk dilakukan pembahasan dan pengesahan.  Dan keempat, sosialisasi, yaitu renstra di sosialisasikan ke semua Pimpinan Fakultas,  Jurusan dan seluruh lembaga-lembaga yang ada di UMM.
Direktorat Pendidikan Tinggi (DIKTI) telah memperkenalkan paradigma baru pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia dalam menghadapi tantangan era globalisasi. Paradgima tersebut bertujuan sebagai rerangka dan arah pengembangan kebijakan strategis perguruan tinggi di Indonesia. Rencana Strategis yang disusun UMM tersebut sejak awal telah mempertimbangkan keselarasan dengan Higher Education Long Term Strategy (HELTS) 2003 – 2010 yang telah dicanangkan DIKTI. Strategi HELTS dibangun berlandaskan visi quality, access and equity, institutional autonomy and accountability. Strategi tersebut diarahkan untuk meningkatkan daya saing bangsa yang dilandasi oleh adanya otonomi penyelenggaraan pendidikan dan kesehatan organisasi. Pada tahun 2010 keunggulan kompetitif sumberdaya manusia Indonesia diharapkan sudah dapat dicapai, karena lembaga pendidikan tinggi, termasuk UMM memiliki program-program yang kuat dan dapat diandalkan, serta memiliki sistem organisasi yang sehat. Dalam jangka yang lebih pendek keunggulan kompetitif di tingkat nasional diharapkan sudah diraih oleh lulusan UMM melalui rencana strategis yang telah ditetapkan diatas.
Dampak Hibah di Perguruan Tinggi
Strategi pengembangan UMM menjadi predikat the real university dan dalam rangka memenuhi harapan stakeholder, maka beberapa program pengembangan telah banyak dilakukan dalam waktu 5 tahun terakhir. Berbagai strategi pengembangan tersebut bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas, dan produktifitas, serta untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas lulusan. Program-program pengembangan tersebut antara lain :
a.       Peningkatan kualitas proses belajar mengajar melalui:
1)      Peningkatan mutu dosen, dengan studi lanjut, kursus profesi, short course untuk pengembangan kegiatan akademik, magang dan mendorong peningkatan jabatan fungsionalnya.
2)      Pemberian fasilitas kepada seluruh dosen di UMM untuk menulis buku ajar yang diterbitkan melalui UMM Press.
3)      Peningkatan pendidikan dan perkuliahan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang dilakukan secara bertahap melalui penjenjangan kelas: (a) Fashl al-Mubtada’in (kelas elementer), (b) Fashl al-Mutawassitin (kelas intermediate) dan (c) Fashl al-Mutaqqadimin (kelas advanced).
4)      Mewajibkan semua mahasiswa mengambil ESP (English for Special Purposes) selama 18 jam selama 3 semester.
5)      Menghilangkan dikotomi antara dosen tetap dengan dosen tidak tetap, dengan harapan saling dapat memiliki tanggung jawab yang sama.
6)      Mewajibkan semua mahasiswa baru mengikuti pelatihan internet.
7)      Peningkatan peran Badan Kendali Mutu Akademik (BKMA).
8)      Mengembangkan perpustakaan digital (digital library) yang terkoneksi dengan sekitar 14 perpustakaan digital di dalam dan di luar negeri.
9)      Pengembangan laboratorium kerja dengan teknologi informasi yang berbasis pada LAN dan online internet.
b.      Memotivasi dan memfasilitasi dosen melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat guna meningkatkan produktifitas karya ilmiahnya.
c.       Peningkatan pelayanan administrasi akademik melalui;
1)      Pembangunan jaringan intranet dan Sistem Manajemen Administrasi Akademik (MAA) ke semua komputer yang ada di Laboratorium dan perkantoran.
2)      Percepatan pencetakan kartu mahasiswa (KTM) secara digital pada saat mahasiswa melakukan herregistrasi.
3)      Percepatan proses pembuatan ijazah dwi bahasa, dan penggunaan security ink pada kertas ijazah dan transkrip akademik.
d.      Meningkatkan kerjasama dengan, pemerintah, dunia usaha, perguruan tinggi dalam dan luar negeri, serta lembaga atau instansi lainnya.
e.       Secara terus menerus meningkatkan dan mengoptimalkan saranan dan prasarana yang ada melalui pendekatan interdepartemental resource sharing.
f.       Meningkatkan revenue centre. untuk mencari sumber-sumber pendanaan lainnya melalui pembentukan unit pelaksana teknis (UPT) seperti (1) Unit Produksi Internet (UPI), (2) Badan pengelola gedung serba guna (UMM DOME) , (3) Unit Produksi Pakan Ternak, (4) Unit Koperasi, (5) Unit Penerbitan dan (6) Unit Guest House dan Hotel UMM Inn (7) unit usaha perbengkelan bekerjasama dengan Yamaha (DAU Motor).

sumber : http://umm.ac.id 
tanggal 14 Agustus 2014 
pukul : 08.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar